12 Rekor Bersejarah di Copa América

Rekor Bersejarah di Copa América

Copa America adalah salah satu turnamen sepakbola bergengsi di dunia. Turnamen yang pertama kali di gelar pada tahun 1916 ini juga merupakan turnamen sepak bola tertua di dunia.

Sebelumnya, kompetisi ini dikenal sebagai 'South American Championship' yang merupakan ajang sepakbola bagi negara-negara kawasan Amerika Selatan.

Sepak bola menjadi sejenis agama di benua ini. Beberapa bintang sepakbola terlahir di sini dan membawa kemuliaan bagi negara mereka. seperti Pele, Zico, Ronaldo, Maradona, Lionel Messi, dan Neymar. dimana mereka mempunyai peran luar biasa dalam sepakbola dunia.
LIHAT JUGA:
Berikut 10 Rekor Bersejarah yang Tercipta di Copa América

1. Titel Juara Terbanyak


Uruguay Copa America

Timnas Uruguay adalah negara paling sukses dalam sejarah Copa America. La Celsete telah memenangkan 15 gelar Copa America. tim ini juga merupakan negara pertama yang keluar sebagai juara di ajang ini pada tahun 1916 di Argentina.

Terakhir kali Timnas Uruguay menjuarai Copa America adalah di tahun 2011 setelah mengalahkan Paraguay di babak Final dengan skor 3-1.

Uruguay memenangkan kompetisi dengan mengalahkan Paraguay 3-0 di final. Secara mengejutkan, runner-up Paraguay mampu mencapai final tanpa memenangkan satu pertandingan pun di kompetisi.

2. Negara Yang Paling Banyak Menjadi Tuan Rumah


argentina copa america

Argentina telah menjadi tuan rumah Copa America lebih banyak dari negara-negara lain di Amerika Selatan. Negara ini tercatat telah menyelenggarakan turnamen ini sembilan kali, dan yang terakhir pada tahun 2011.

Uruguay berada di tempat kedua setelah menjadi tuan rumah sebanyak tujuh kali. Kemudian disusul Peru dan Chili di tempat ketiga dengan enam turnamen. Sementara Brasil baru menjadi tuan rumah sebanyak empat kali di kompetisi ini.

3. Topskor Sepanjang Masa


Topskor Sepanjang Masa

Rekor Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Copa America dipegang oleh dua pemain. Mereka adalah Norberto Mendez dari Argentina dan Zizinho dari Brasil .

Kedua pemain telah sama-sama mencetak 17 gol dalam kampanye Copa America. yang membedakan hanyalah pada jumlah turnamen yang mereka ikuti.

Norberto Mendez mencetak 17 gol dari 33 pertandingan dalam tiga edisi yang dia ikuti sementara Zizinho dari 53 penampilan dalam enam edisi Copa America yang ia ikuti bersama Timnas Brasil.

4. Pemain Dengan Caps Terbanyak


Pemain Dengan Caps Terbanyak

Kiper Timnas Chili, Serjio Livingstone memegang rekor penampilan terbanyak di Copa America. Dia telah memainkan 34 pertandingan dalam tujuh edisi turnamen antar negara amerika selatan ini.

Livingstone dijuluki "El Sapo", (Katak) karena postur tinggi yang dia miliki dan posisi khas nya diantara tiang gawang. setelah pensiun dari sepakbola Livingstone kemudian menjadi jurnalis terkenal.

Ditempat kedua dihuni oleh Zizinho dari Brazil dengan 33 penampilan sementara Leonel Alvarez dan Carlos Valderrama berbagi tempat ketiga dengan 32 penampilan di Copa America.

5. Pelatih Paling Sukses


Pelatih Paling Sukses

Mantan Pesepakbola dan manajer Argentina Guillermo Stabile adalah pelatih paling sukses dalam sejarah Copa America. Dia berhasil membawa Timnas Argentina memenangkan turnamen ini sebanyak enam kali pada 1941, 1945, 1946, 1947, 1955 dan 1957.

Stabile juga menjadi salah satu dari sedikit pelatih di dunia yang bertanggung jawab dalam 100 pertandingan timnas.

Dia melatih tim nasional Argentina dalam 123 pertandingan resmi, dan 83 diantaranya dia menangkan.

Saat masih aktif bermain, Stabile pernah menjadi topskor Piala Dunia, yaitu di tahun 1930 saat Uruguay mejadi tuan rumah ajang empat tahunan ini. ia juga sempat bermain untuk klub sepak bola Prancis dan Italia.

6. Pertandingan Terpanjang


Pertandingan Terpanjang

Pertandingan terpanjang dalam sejarah Copa America terjadi pada tahun 1919, dalam Edisi Copa America ke-3, yang diadakan di Brasil.

Itu adalah pertandingan terakhir, di mana tuan rumah Brasil mengalahkan Uruguay di pertandingan playoff dan mengklaim gelar pertama mereka. dimana Pertandingan ini berlangsung dalam dua setengah jam.

Saat itu, ketika skor berkahir imbang di waktu normal, perpanjangan waktu dilakukan sampai empat babak, masing-masing babak memiliki waktu 15 menit.
Itu adalah pertandingan bersejarah bagi Brasil karena mereka memenangkan gelar perdananya di kandang sendiri dengan skor tipis 1-0.

7. Kiper Paling Banyak Kebobolan


Kiper Paling Banyak Kebobolan

Penjaga gawang Ekuador, Napoleon Medina menjadi orang yang paling sial, setelah kebobolan total 31 gol pada Copa America tahun 1942.

Rekor ini masih di pegang olehnya sampai saat ini, tiga tahun kemudian Medina hampir memecahkan rekornya setelah kebobolan 27 gol.

Catatan ini menjadikan Medina sebagai Kiper dengan Kinerja terburuk dalam sejarah Copa America.

8. Pemain Dengan Gol Terbanyak Dalam Satu Pertandingan


Pemain Dengan Gol Terbanyak Dalam Satu Pertandingan

Rekor Pemain Dengan Gol Terbanyak Dalam Satu Pertandingan Copa America dipegang oleh empat orang dengan total lima gol dalam satu laga.

Hector Scarone menjadi orang pertama yang bisa melakukannya. ia mencetak 5 gol kala membantu Uruguay menang atas Bolivia pada 1926. kemudian Juan Marvezzi untuk Argentina ke gawang Ekuador pada 1941, lalu Jose Manuel Monero untuk Argentina ketika membantai Ekuador pada 1942 dan Evaristo de Macedo untuk Brasil ke gawang Kolombia pada 1957.

9. Tim Tak Terkalahkan Terlama


Tim Tak Terkalahkan Terlama

Uruguay adalah negara yang memegang rekor Sebagai tim yang tak tersentuh kekalahan terpanjang di Copa America.

10. Juara Beruntun


Juara Beruntun

Timnas Argentina memiliki rekor sebagai satu-satunya tim yang mampu menjuarai Copa America tiga kali beruntun. Hal itu terjadi sepanjang 1945 di Chile, 1946 sebagai tuan rumah, dan 1947 di Ekuador.

Alasan kenapa rekor juara beruntun Argentina susah dikalahkan adalah Copa America saat ini selalu digelar dalam kurun waktu empat tahun sekali. Dengan begitu, momen dan komposisi satu tim juara akan berubah di turnamen berikutnya.

11. Kemenangan Dengan Skor Terbesar


Kemenangan Dengan Skor Terbesar

Skor kemenangan terbesar di Copa America hingga kini masih dipegang timnas Argentina, ketika mengalahkan Ekuador 12-0 pada Copa America 1942.

Pada pertandingan di Stadion Centenario, 22 Januari 1942, itu Jose Manuel Moreno berhasil mencetak lima gol, Herminio Masantonio menyumbang empat gol, sedangkan Enrique Garcia, Adolfo Pedernera, dan Angel Perucca sama-sama mencetak satu gol.

Ekuador menjadi bulan-bulanan di turnamen tersebut, dengan hanya mencetak empat gol dan kebobolan 31 kali. Masantonio dan Moreno menjadi top skor bersama dengan torehan tujuh gol.

12. Penampilan Terbanyak


Penampilan Terbanyak

Meski Copa America tidak menggunakan sistem kualifikasi, namun tidak ada negara yang pernah tampil di seluruh edisi turnamen. Dari 43 edisi Copa America yang sudah dijalani, Uruguay menjadi tim yang paling sering ikut serta, yakni 41 kali.

Alasan sebuah negara tidak bisa mengikuti Copa America cukup bervariasi. Salah satu yang paling sering adalah masalah keamanan, baik di negara peserta ataupun tuan rumah.

Uruguay masih memimpin rekor ikut serta di Copa America sebanyak 41 kali. Disusul Argentina (39), Chile (36), Paraguay (34), Brasil (33), Peru (29), Ekuador (25), Bolivia (24), Kolombia (19), dan Venezuela (15).

0 Response to "12 Rekor Bersejarah di Copa América"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel