Profil dan Sejarah Persebaya Surabaya

Profil Persebaya

Nama : Persatuan Sepakbola Surabaya
Didirikan : 1927
Alamat : Jalan Karanggayam 1 Surabaya
Stadion : Gelora Bung Tomo Stadium
Warna Jersey : Hijau
Sponsor Utama : Fun88 Bola
Kit Sponsor : Made by Club
Presiden : Azrul Ananda
Pelatih : Djajang Nurdjaman
Website : http://www.persebaya.id
Email : redaksi@persebayafc.com
Telepon : +62 (31) 503 2250
Faks : -
Sejarah Persebaya

Persebaya merupakan klub sepakbola asal kota Surabaya. klub yang memiliki julukan Bajul Ijo dan Green Force ini adalah salh satu klub top di persepakbolaan Indonesia.

Persebaya didirikan pada 18 Juni 1927 dengan nama Soerabhaisasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB). Paijo dan M. Pamoedji, yang merupajan pendiri SIVB, berniat membuat tim ini untuk menampung para pemain sepakbola pribumi.

Sebelum lahirnya Persebaya, di Surabaya telah lebih dulu berdiri sebuah klub sepakbola yang bernama Sorabaiasche Voetbal Bond (SVB) pada tahun 1910. tapi klub ini didirikan untuk menjadi representasi komunitas Belanda yang tinggal di Surabaya. Klub ini juga memiliki kedekatan dengan pemerintah Hindia Belanda.

Persebaya merupakan klub yang memprakarsai pembentukan Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI, kata sepak bola baru digunakan mulai dalam kongres 1950 di Solo) pada 19 April 1930 di Yogyakarta. Bersama dengan VIJ Jakarta (sekarang Persija), BIVB Bandung (Persib), MIVB Magelang (PPSM), MVB Madiun (PSM), VVB Solo (Persis), dan PSIM Yogyakarta.

Bajul Ijo kemudian mulai ikut berkompetisi dibawah naungan PSSI sejak tahu 1931. dan ketika Jepang menjajah Indonesia di tahun 1943, mereka membatasi semua pergerakan organisasi termasuk sepakbola. Di tahun ini juga SIVB mengubah namanya menjadi Persibaya.

Sementara SVB bersaing dalam kompetisi yang diadakan oleh Nederlandsch Indische Voetbal Bond (NIVB). NIVB kemudian berganti nama menjadi Nederlandsch Indische Voetball Unie) karena pemerintah kolonial berpikir NIVB tidak lagi dapat menyamai PSSI.

Setelah Indonesia merdeka, Melalui kongres PSSI pada 2-4 September 1950 di Semarang, federasi menyatakan bahwa mereka akan mengadakan Kejuaraan Nasional PSSI.

Setelah kongres, PSSI menjadi satu-satunya federasi sepakbola di Indonesia. hal ini memaksa klub anggota NIVU untuk bergabung dengan PSSI.

Misalnya, VBO bergabung sebagai anggota klub internal Persija, kemudian VBBO, UNI Bandung, dan Sidolig bergabung dengan Persib, dan ini terjadi di klub lain.

Hanya saja ada kasus khusus untuk Surabaya. SVB tidak menjadi anggota internal Persibaya tetapi bergabung ke dalamnya dan setuju bahwa tanggal lahir Persibaya adalah 18 Juni 1927, yang merupakan tanggal pembentukan SIVB. Kemudian, pada tahun 1959 nama Persibaya berubah menjadi Persebaya.

Pasca Merger, Persebaya tampil di Kejuaraan Nasional PSSI yang kemudian dikenal sebagai Perserikatan. Dimana Green Force langsung meriah prestasi di ajang ini. mereka menjadi juara di edisi pertama setelah mampu mengatasi perlawanan PSM Makassar, Persija Jakarta, dan PSIM Yogyakarta.

Tahun berikutnya mereka berhasil mempertahankan gelar. Kali ini Ijo Bajul berhasil memenangkan persaingan dengan Persija Jakarta, Persis Solo, Persib Bandung, PSMS Medan, Persema Malang, dan Persipro Probolinggo.

Persebaya kemudian memenangkan dua gelar lagi, yaitu pada tahun 1978 dan 1988. Jadi ada total empat gelar Kejuaraan dimenangkan oleh klub yang berbasis di Gelora 10 November Surabaya.

Hingga edisi terakhir Perserikatan pada tahun 1994. Persebaya mengoleksi 6 trofi dari kejuaraan nasional yang menjadikan mereka sebagai klub tersukses ketiga di indonesia, mereka kalah dari persija yang mampu mengoleksi 10 gelar serta Persis dan Persib dengan tujuh gelar.

Pada akhir tahun 2010, Persebaya Surabaya mengalami gejolak internal yang sangat buruk yang menyebabkan klub ini terbagi menjadi dua.

Tim pertama bersama manajer yang terpilih secara ilegal pada waktu itu, Wisnu Wardhana, masih mengikuti Divisi Utama. Sementara itu, satu laginya di bawah manajer Saleh Ismail Mukadar mengikuti Liga Primer Indonesia di mana tim yang bersaing di liga ini akhirnya mengubah namanya menjadi Persebaya 1927.

PT Pengelola Persebaya Indonesia didapuk menjadi manajer konsorsium untuk PT Persebaya Indonesia. Meski akhirnya berhasil memenangkan Liga Primer Indonesia, namun kebijakan manajemen PT Pengelola Persebaya Indonesia masih menimbulkan polemik karena kurangnya sosialisasi kepada pendukungnya, walaupun programnya berjalan sangat baik.

Dualisme berlanjut pada tahun 2015 ketika Persebaya Surabaya (PT Mitra Muda Inti Berlian) mengubah namanya menjadi Bonek FC dan Surabaya United karena Persebaya 1927 (PT Persebaya Indonesia) memenangkan gugatan nama dan logo, yang secara otomatis legalitas Persebaya Surabaya berada di bawah PT. Persebaya Indonesia.

Pada 2016 Surabaya United bergabung dengan PS Polri dan kemudian berganti nama menjadi Bhayangkara Surabaya United dan terus mengikuti kompetisi Kejuaraan Sepak Bola Indonesia.

Di paruh kedua kompetisi tepatnya pada Mei 2016, Polri (pemilik PS Polri) secara resmi membeli 100% saham Bhayangkara Surabaya United dan menghapus nama di belakang klub sehingga sekarang bernama Bhayangkara FC.

Pada bulan yang sama dengan pertemuan Exco yang diadakan di Solo, Persebaya 1927 diratifikasi kembali sebagai anggota PSSI dan akan disahkan dalam rapat di Makassar dan akan kembali mulai bersaing di Divisi Utama pada musim 2017.

Namun, pada kongres PSSI yang diadakan di Jakarta pada 10 November 2016, PSSI membatalkan agenda persetujuan.

Ketua PSSI terpilih, Edy Rahmayadi berjanji akan menyelesaikan masalah Persebaya Surabaya pada kongres berikutnya di Bandung.

Gelar Persebaya

DomestikN.I.V.B./N.I.V.U.
Stedenwedstrijden
V.U.V.S.I./I.S.N.I.S.
Competition
121916, 1917, 1922, 1924, 1926,
1928, 1930, 1932, 1936, 1941,
1949, 1950
Sebagai  S.V.B. Soerabaja atau Persatoean Sepakraga Soerabaja (PSS)
DomestikPerserikatan/Liga Indonesia/
Indonesia Super League/
Indonesia Premier League/Liga 1
61951, 1952, 1978, 1988, 1996-97, 2004
DomestikLiga Primer Indonesia12011
DomestikLiga 232003, 2006, 2017
DomestikPiala Utama11990
FriendlyUnity Cup12011

0 Response to "Profil dan Sejarah Persebaya Surabaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel